City Portal of Pekanbaru


Jaksa hadirkan 5 saksi, kubu Ahok yakin lurah bakal meringankan

tunda-sidang.jpg
(ist)

JAKARTA - Sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta nonaktif, di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (24/1/2017) pagi ini akan menghadirkan lima saksi.

"Lima orang saksi termasuk dua saksi fakta yang akan dihadirkan JPU (jaksa penuntut umum)," kata angggota tim kuasa hukum Ahok, Trimoelja D. Soerjadi.

Menurut dia, dua saksi fakta yang dihadirkan adalah orang yang melihat langsung pidato Ahok di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 lalu, yakni Lurah Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Yulihardi serta Nurkholis, petugas Humas Pemprov DKI Jakarta yang merekam pidato Ahok.

"Selama ini kan saksi pelapor (yang didatangkan JPU) hanya melihat videonya saja," kata Trimoelja.

Selain dua saksi fakta itu, ia mengatakan tiga saksi lainnya yang akan dihadirkan adalah saksi-saksi yang tidak datang dalam sidang pekan lalu.

Tiga saksi itu adalah Ibnu Baskoro, Muhammad Asroi Saputra, dan Iman Sudirman.

Sidang ketujuh Ahok pada hari ini akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Ahok dikenakan dakwaan alternatif yakni Pasal 156a dengan ancaman 5 tahun penjara dan Pasal 156 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Yakin meringankan

Pengacara Ahok optimistis saksi fakta akan menguntungkan kliennya.

"Kami sangat yakin terhadap dua saksi fakta yang akan dihadirkan akan mengungkap kebenaran. Menurut saya fakta yang melihat, mendengar mengalami langsung ini akan menguntungkan klien kami, Pak Ahok," kata anggota tim kuasa hukum Ahok, Ronny Talapessy, di Gedung Kementerian Pertanian, Jalan HM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa.

Saksi Yulihardi, kata Ronny, diketahui hadir saat peristiwa pidato kontroversial Ahok di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 lalu.

"Contohnya Yulihardi, Lurah Pulau Panggang baru mengetahui adanya masalah penodaan agama dalam pidato Ahok beberapa waktu lalu setelah kasus ini menjadi pemberitaan di media cetak dan elektronik. Saksi Yulihardi ikut hadir dalam pertemuan di Pulau Pramuka sampai saat ini tidak melihat adanya masalah dalam pidato tersebut. Oleh karena itu, kami yakin Lurah Yulihardi akan mengungkap keanehan terhadap laporan yang ditujukan kepada Pak Ahok," papar Ronny.

Ronny menambahkan pihaknya optimistis saksi Yuli akan mengungkapkan kebenaran. "Nah ini yang menjadi aneh kok yang ribut orang luar Pulau Seribu, bukan orang Pulau Seribu yang ikut hadir dalam acara pidato Pak Ahok," ujar Ronny. (ant/dtc)