City Portal of Pekanbaru

Pria di pasungan diberi rokok, dini hari rumah terbakar

kebakaran-rumah.jpg
(ist)

PEKANBARU - Api rokok seorang pria yang dipasung karena menderita gangguan jiwa diduga menjadi penyebab terbakarnya rumah keluarga sendiri di Parit Nibung Dusun Mekar Jaya, Desa Pungkat, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

"Ibunya telah memberi rokok sehingga diperkirakan api berasal dari rokok tersebut," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau Kombes Pol Guntur Arya Tejo di Pekanbaru, Rabu (25/1/2017).

Rabu dini hari WIB, sekitar pukul 01.00 WIB, Erma Tuti Binti Selamat sedang tidur bersama anaknya yang berumur lima tahun. Sedangkan ibunya, yang bernama Supi Itam, di kamar tengah rumah.

Tiba-tiba Erma terbangun karena mendengar ibunya berteriak "api..api...". Supi terbangun dari tidurnya dan melihat api sudah menyala besar di dinding kamar lain, yang selama ini ditempati oleh A, abang kandung dari Erma.

"Abangnya saat ini sedang mengalami sakit jiwa dan sedang dirantai di dalam kamar tersebut," lanjut Guntur.

Tanpa sempat berpikir panjang, Erma lalu menggambil kunci gembok rantai dan kemudian melemparkannya kepada abangnya itu. Selanjutnya bergegas mengambil anaknya yang sedang berada dalam kamar, lalu segera keluar dari dalam rumah.

Baru setelah itu ibu dan abangnya kemudian menyusul keluar.

Dengan dibantu masyarakat sekitar, sekira pukul 03.00 WIB, api dapat dipadamkan. Namun rumah beserta seluruh isinya hangus terbakar.

Akibat kebakaran tersebut, Erma mengalami kerugian lebih kurang Rp100 juta. Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian itu. Kepolisian setempat sudah mendatangi tempat kejadian perkara dan meminta keterangan saksi-saksi. (ant/sfa)