City Portal of Pekanbaru

Sir Alex sanjung Mourinho kembalikan spirit juara MU

mourinho-jose.jpg
(ist)

MANCHESTER - Sejak Sir Alex Ferguson meninggalkan Manchester United (MU) pada 2013 lalu, sudah ada tiga pelatih menukangi klub berjuluk Setan Merah tersebut. Tapi baru kali ini Sir Alex memberi pujian, dan itu diberikan kepada Jose Mourinho.

Kata Sir Alex, Jose Mourinho telah mengilhami kemajuan Manchester United musim ini dan ketidakberuntunanglah yang membuat Setan Merah belum bisa menyaingi Chelsea sebagai penantang juara Premier League Inggris 2006-2017.

"Saya kira dia telah bekerja baik sekali. Seperti pemain yang datang ke Manchester United adalah tidak mudah untuk datang dan mengubah peruntungan klub layaknya terjadi pada zaman saya, itu tak mudah," kata Ferguson, seperti dikutip dari BBC Sport, Rabu (25/1/2017).

"Dia telah memiliki cengkeraman di klub ini, Anda bisa melihatnya. Tim ini bermain bagus sekali dan dia sangat tidak beruntung. Dia sudah enam kali seri, saya kira 1-1. Saya kira tanpa semua seri itu, mereka akan menyaingi Chelsea."

"Itu bagian yang tidak menguntungkan, tetapi dia harus jalan terus, bagi saya dia akan diinspirasi oleh kemajuan tim."

Ferguson yang pensiun Mei 2013 setelah 26 tahun memimpin MU dengan puluhan trofi juara, merasa Mourinho pelan tapi pasti telah meningkatkan perannya di Old Trafford.

"Saya kira Jose kini telah menemukan solusi. Ada periode pada awal musim ketika dia tidak tepat memutuskan dan emosinya bercampur aduk. Anda lihat dia sekarang, dia tenang dan terkendali."

"Itu yang saya amati dari tim saat ini. Tim ini menjadi cermin manajernya. Tim ini bermain dengan energi penuh, determinasi dan keinginan untuk menang, yang saya kira itu semua penting sekali."

Sebelumnya Sir Alex boleh dikatakan tidak pernah memuji dua penggantinya, masing-masing David Moyes dan Louis van Gaal.

Rekor gol Rooney

Sir Alex Ferguson juga bicara tentang rekor gol Wayne Rooney. Ia yakin tidak ada seorang pun yang akan melampaui rekor gol Wayne Rooney untuk Manchester United.

Rooney (31) menciptakan gol ke-250 untuk MU Sabtu pekan lalu lewat tendangan bebas yang mempesona yang menyelematkan timnya dari kekalahan sewaktu melawan Stoke City yang berakhir 1-1.

Rekor golnya itu melewati catatan gol Sir Bobby Charlton yang sebelum itu menjadi pencetak gol terbanyak MU sepanjang masa.

Charlton sendiri menyebut Rooney juara sejati setelah memecehkan rekornya yang tidak pernah terlampaui siapa pun sejak 1973.

"Ketika Wayne Rooney bergabung dengan klub ini saya tidak pernah membayangkan ada orang yang bisa memecahkan rekor Sir Bobby," kata Ferguson kepada MUTV. "Oleh karena itu pencapaiannya adalah luar biasa. Hebat."

Bahkan, kata Ferguson, Rooney menciptakan rekor itu dengan catatan bertanding yang kurang sedikit dari pertandingan yang dijalani Charlton untuk memecahkan rekornya itu.

"Saya kira tak ada yang bisa melampaui Rooney. Saya tak bilang tidak pernah bisa, tetapi jika Anda melihat sepak bola modern sekarang, Manchester United adalah salah satu dari sedikit klub yang mau mempertahankan pemainnya sampai lebih dari 10 tahun." (bbc/ant/sfa)