City Portal of Pekanbaru


Danilo bikin gol bunuh diri, Real Madrid pun kandas

ronaldo.jpg
(ist)

VIGO - Tampil mendominasi di kandang Celta Vigo untuk mengejar ketertinggalan di leg I, Real Madrid justru terpukul oleh gol bunuh diri Danilo. Dan Madrid benar-benar kandas, gagal ke semifinal ke Copa del Rey, setelah hanya mampu bermain 2-2, Kamis (26/1/2017) dini hari WIB.

Hasil imbang di Stadion Balaidos itu membuat tim asuhan Zinedine Zidane harus tersingkir, setelah kalah agregat 2-3. Hal ini tak lepas dari kekalahan Madrid 1-2 di Stadion Santiago Bernabeu pada pekan lalu.

El Derbi Madrileno atau Derbi Madrid antara Real Madrid dan Atletico Madrid pun urung terjadi di semifinal Copa del Rey 2016-2017.

Pada laga leg II dini hari tadi (WIB), Celta Vigo unggul dua kali lewat gol bunuh diri Danilo (44') dan tembakan Daniel Wass (85'). Real Madrid selalu bisa membalasnya lewat gol Cristiano Ronaldo (62') dan Lucas Vazquez (90').

Kendati bertindak sebagai tim tamu, Real Madrid mampu menguasai jalannya pertandingan dengan tingkat penguasaan bola mencapai 66 persen berbanding 34 persen milik Celta Vigo.

Berada dalam kondisi tertinggal di leg I membuat Zinedine Zidane mengubah skema permainan tim. Zidane menerapkan sistem 3-5-2 menggantikan formasi 4-3-3 yang digunakan pada pertemuan sebelumnya. Adapun Celta Vigo masih menerapkan formasi 4-3-3 dengan trio lini depan yang diisi Iago Aspas, John Guidetti, dan Theo Bongonda.

Tim asuhan Zinedine Zidane tampil menggebrak sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan. Peluang pertama datang melalui sepakan kaki kanan Isco, akan tetapi kiper Celta Vigo, Sergio Alvarez sigap mengamankan.

Memasuki pertengahan laga, giliran Celta Vigo gencar melakukan serangan ke kotak penalti El Real. Tercatat, ada peluang yang diperoleh Celta Vigo, masing-masing melalui John Guidetti dan Marcelo Diaz yang berhasil diantisipasi Kiko Casila.

Petaka bagi Real Madrid terjadi satu menit jelang turun minum. Danilo yang bermaksud menghalau sepakan John Guidetti, justru melesakkan bola ke gawangnya sendiri. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Real Madrid yang tertinggal agregat 1-3, berusaha meningkatkan tempo serangan di paruh kedua. Upaya tersebut membuahkan hasil melalui sepakan tendangan bebas dari Cristiano Ronaldo pada menit ke-62. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Usai gol tersebut, Los Merengues semakin agresif memborbardir pertahanan Celta Vigo. Beberapa peluang yang dihasilkan Karim Benzema, Sergio Ramos dan Ronaldo masih belum menemui sasaran.

Keasyikan menyerang membuat lini pertahanan Los Blancos terlena. Menit ke-85, Celta Vigo kembali unggul setelah Daniel Wass berhasil memperdaya kiper Kiko Casilla lewat sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti.

Lima menit berselang Real Madrid mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Lucas Vazquez yang baru dimasukkan pada babak kedua berhasil mengkonversi umpan dari Karim Benzema. Di sisa waktu pertandingan tak ada lagi gol yang tercipta. Alhasil, Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan usai.

Atletico ke semifinal

Di semifinal, Celta Vigo akan menantang Atletico Madrid. Klub asuhan Diego Simeone itu lolos ke semifinal setelah menang 5-2 secara agregat atas Eibar.

Pada laga kedua di kandang Eibar - beberapa jam sebelum laga Celta Vigo vs Real Madrid, Atletico berbagi angka 2-2 dengan tuan rumah.

Dua gol Atletico dicetak oleh Jose Gimenez (49') dan Juanfran (85'). Adapun dua gol tuan rumah dibukukan Sergi Enrich (73') dan Pedro Leon (80').

Satu semifinalis lain yang sudah lolos adalah Alaves. Mereka menang 2-0 secara agregat atas Alcorcon.

Alaves masih menunggu pemenang antara Real Sociedad dan Barcelona yang baru akan bertanding di Camp Nou pada Kamis (26/1/2017) malam. Untuk sementara, Barcelona unggul 1-0. (bla/kps/sfa)