City Portal of Pekanbaru

Gubri desak SKPD gesa rakor RPJMD 2018

gubernur-andi-rachman.jpg
(ist)

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman meminta seluruh SKPD dan kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau untuk mempercepat rapat koordinasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk tahun 2018.

"Segera percepat rapat koordinasi antara provinsi, kabupaten dan kota untuk persiapan musyawarah rencana pembangunan daerah (musrenbangda). Karena musrenbangnas akan dimulai pada minggu kedua bulan April nanti, dan musrenbang provinsi pada minggu ketiga Maret," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi (Andi) Rachman di Kantor Bappeda Provinsi Riau Pekanbaru, Rabu (25/1/2017).

Ia pun meminta agar pemerintah kabupaten dan kota bersinergi dengan SKPD provinsi dalam menyiapkan usulan rencana prioritas nasional kementerian dan lembaga.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa desa, kecamatan, hingga kabupaten kota harus menyiapkan musrembang daerah sebelum provinsi, Ia juga menyebutkan bahwa untuk pendanaan di tahun 2018, daerah harus jeli untuk merancang kegiatan yang didanai oleh APBN.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa Riau memerlukan APBN yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan kabupaten dan kota, karena saat ini jumlah penduduk bertumbuh sebanyak tiga persen. Hal ini berarti harus didukung dengan persiapkan berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

"Kita harus jemput bola untuk mendapatkan APBN yang lebih besar. Makanya kabupaten dan kota perlu bersinergi dengan provinsi, apa rencana yang dianggap prioritas," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan agar masing-masing kabupaten dan kota segera melakukan Musrenbang di daerahnya. Sehingga, persiapan Riau untuk mengusulkan program di nasional dapat tersusun sistematis.

"Kita harus mengusulkan sesuatu di nasional. Secara teknis nanti akan diterangkan oleh Bappeda, apa saja strategi untuk mengusulkan program di musrenbang provinsi dan nasional," tutupnya. (ant/sfa)