City Portal of Pekanbaru


Libur Imlek, lebih dari 25 ribu wisatawan banjiri Masjid Agung Rokan Hulu

masjid-agung.jpg
(ist)

PASIR PENGARAIAN - Memanfaatkan libur tahun baru Imlek, ribuan wisatawan lokal mengunjungi Masjid Agung Nasional Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. Tak hanya mereka yang berasal dari Riau, juga dari luar daerah.

"Total jamaah dan pengunjung yang datang per Sabtu kemarin hingga hari ini lebih dari 25 ribu orang," ujar Staf Informasi dan Pelayanan Masjid Agung Nasional Islamic Centre Dedi Kurnia Sandi di Rokan Hulu, Minggu (29/1/2017).

Masjid Agung Islamic Centre memiliki kapasitas hingga 20 ribu jemaah. Menurut Dedi, pada hari biasa jumlah pengunjung hanya mencapai 10 ribu hingga 15 ribu jamaah dan akan meningkat pada hari libur atau akhir minggu.

Hal ini terlihat dari menumpuk dan banyaknya jumlah bus,serta kendaraan pribadi yang parkir di areal Masjid Agung Islamic Centre.

Di kawasan Masjid Agung, suasana masjid ramai oleh pengunjung, yang datang dari berbagai Provinsi di Indonesia. Bahkan, ada pengunjung yang datang dari Bandung, Semarang, Jambi, Palembang, Sumatara Utara, dan sebagaian besar pengunung dari Sumatera Barat.

Salah seorang pengunjung bernama Afrizal bahkan datang dengan rombongannya dari Pariaman Sumatera Barat.

"Kita datang dengan rombongan menggunakan dua bus. Kami ingin melihat dari dekat, keindahan Masjid Agung Islamic Centre yang banyak dibicarakan masyarakat terkait kemegahan dan keagungannya. Mumpung sedang libur," ujarnya.

Selain Afrizal, salah seorang pengunjung yang menikmati kemegahan Mesjid Agung Islamic Centre adalah Rani yang datang dari Aceh bersama keluarganya.

"Mesjidnya memang indah dan agung, sayangnya tidak didukung dengan fasilitas kamar mandi yang memadai, mesti antre lama, airnya kecil dan kamar mandinya tidak begitu bersih. Selain itu juga pengunjung lain kurang sadar dengan kebersihan dengan membuang sampah sembarangan," ujarnya, seperti dikutip antarariau. (sfa)