City Portal of Pekanbaru


Gubernur: Riau punyak banyak potensi di luar migas

gubernur-andi-rachman.jpg
(ist)

PEKANBARU- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengemukakan, saat ini pemerintah provinsi tengah mengembangkan beragam potensi yang ada di daerah itu sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Riau.

"Riau memiliki banyak potensi, dan jika dikembangkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Rabu (1/2/2017).

Ia memaparkan beberapa potensi itu di antaranya ialah sektor perikanan, pertanian serta pariwisata yang berbasis budaya.

"Beberapa destinasi wisata yang berbasis budaya adalah Pacu Jalur di Teluk Kuantan, Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir, Candi Muara Takus, Istana Siak, Tour de Siak, serta wisata Bono yang saat ini telah dikenal hingga mancanegara," paparnya.

Di samping itu, lanjutnya, potensi ekonomi di sektor perikanan juga memberikan peluang besar yang meliputi perikanan di darat dan laut.

"Perikanan di darat ini maksudnya ialah perikanan yang di sungai serta budidaya tambak atau kolam, sedangkan perikanan di laut, Riau memiliki garis pantai yang mencapai ribuan kilometer," ujarnya.

Menurut dia jika potensi-potensi itu dikembangkan tentu akan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi di Riau karena sektor ekonomi unggulan sebelumnya telah mengalami penurunan.

"Fluktuasi pertumbuhan ekonomi di Riau ini sangat dipengaruhi oleh sektor migas dan komoditas unggulan berupa sawit dan karet, namun, saat ini, kita tidak bisa lagi hanya mengharapkan sektor itu," katanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, saat ini Pemerintah Provinsi Riau memprioritaskan pengembangan potensi lain dan salah satunya ialah sektor perikanan dan pertanian.

"Generasi muda di Riau terutama para sarjana perikanan diharapkan ikut berpartisipasi untuk mengembangkan potensi itu di daerahnya masing-masing dan jangan lagi berpikir untuk datang ke kota dan menjadi PNS atau honorer," kata dia. (ant/sfa)