City Portal of Pekanbaru


Terobos larangan melintas jalan layang, banyak pengendara motor ditilang polisi

jalan-layang.jpg
(ist)

PEKANBARU - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Pekanbaru melakukan tilang terhadap beberapa pengendara kendaraan roda dua atau sepeda motor hari pertama pelarangan melintas di Jembatan Layang Jalan Jenderal Sudirman.

"Kami melakukan penindakan ini karena sebelumnya telah melakukan sosialisasi. Bahkan imbauan baik melalui media massa serta pemberitahuan langsung di lapangan," kata Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Budi Setiawan di Pekanbaru, Kamis (2/2/2017).

Pada pengamanan itu satu per satu kendaraan sepeda motor yang melintas langsung dihadang petugas. Akhirnya sebanyak 20 surat tilang sudah dikeluarkan petugas yang mendapati pengendara melalui dua Jembatan Layang yakni di persimpangan Jalan H Imam Munandar-Sudirman dan Tambusai-Sudirman.

Sebelumnya petugas terkait juga sudah memasang plang larangan kendaran roda dua lewat sesuai dengan jamnya. Sepeda motor hanya boleh melintasi pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB untuk pengendara dari arah selatan (bandara) menuju utara (Tugu Zapin atau arah kota). Sebaliknya dari arah utara boleh dilewati mulai dari pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Namun pengendara tampaknya tidak mengindahkan larangan tersebut. Bahkan pada Kamis itu beberapa personel Lantas sudah berdiri persis di samping ruas jembatan layang itu, namun masih saja ada yang mau melintas.

Terkait hal itu, Budi mengimbau agar pengendara untuk lebih disiplin. Pasalnya mulai hari ini menurutnya sesuai dengan rapat Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan penindakan harus dilakukan.

"Kami mengimbau pengendara harus patuhi rambu-rambu. Sebab larangan yang diberlakukan untuk kebaikan pengendara dan mengatur arus lalu lintas agar lebih aman dan nyaman," jelas Budi.

Pada penindakan ini, keberadaan petugas membuat pengendara sepeda motor tampak kaget. Seperti yang diungkapkan oleh Irfan (25), bahwa ia melintas pagi itu melewati sepeda motor hendak kerja. Karena terburu-buru ia pun langsung melintasi jembatan layang.

"Tahu, tapi karena buru-buru saya langsung terobos," ungkapnya. (ant/sfa)