City Portal of Pekanbaru


Balas gilas Arsenal, Chelsea makin jauh meninggal para pesaing

marcos-alonso.jpg
(ist)

LONDON - Chelsea melibas rivalnya sesama tim London, Arsenal, dengan skor telak 3-1 di Stamford Bridge, Sabtu (4/2/2017). The Blues pun jauh meninggalkan para pesaingnya dalam perebutan gelar juara Premier League musim ini.

Chelsea membuka keunggulan 1-0 berkat gol Marcos Alonso di menit-menit awal. Tuan rumah kemudian menggandakan keunggulannya lewat aksi solo Eden Hazard di awal babak kedua.

Arsenal kian terbenam setelah kesalahan yang dilakukan oleh Petr Cech berujung gol dari Cesc Fabregas. Tim tamu hanya mampu mencetak gol hiburan lewat Olivier Giroud di penghujung laga.

Dengan kemenangan itu, Chelsea kini sudah mengumpulkan 59 poin dari 24 pertandingan. Tim arahan Antonio Conte itu unggul hingga 12 poin dari Tottenham Hotspur yang ada di posisi kedua dan baru akan bertanding pada hari Minggu (5/2/2017) dinihari WIB.

Sementara itu, Arsenal terpaku di urutan ketiga dengan 47 poin. Tapi mereka rawan disalip oleh Liverpool dan Manchester City yang sama-sama punya 46 poin.

Bermain efektif

Dalam pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu malam WIB, Chelsea mampu mengendalikan permainan dan bermain efektif meski kalah dalam penguasaan bola. Sementara itu, Arsenal kesulitan menciptakan banyak peluang bersih.

Secara keseluruhan, Arsenal unggul dalam penguasaan bola sebesar 59% dengan total sembilan tembakan dan lima yang mengarah ke gawang. Sementara itu, Chelsea melepaskan 13 tembakan, enam di antaranya on target.

Chelsea membuka keunggulan pada menit ke-13. Berawal dari sundulan Diego Costa yang menghantam mistar, bola rebound langsung disambut Alonso dengan tandukan pelan nan terarah.

Gol tersebut juga membuat Arsenal kehilangan bek andalannya, Hector Bellerin. Sang pemain mengalami cedera akibat terkena sikut Alonso saat berduel udara.

Tertinggal satu gol dan kehilangan Bellerin, Arsenal coba menggebrak. Pada menit ke-38, mereka nyaris menyamakan kedudukan lewat sundulan Gabriel yang menyambut umpan silang, tetapi bola bisa ditepis kiper Thibaut Courtois.

Tak ada gol tambahan hingga babak pertama selesai. Chelsea turun minum dengan keunggulan 1-0.

Kedigdayaan Chelsea berlanjut pada babak kedua. Pada menit ke-53, tuan rumah menggandakan keunggulan lewat aksi solo run Hazard.

Hazard bikin barisan belakang Arsenal kocar-kacir. Bintang Belgia itu berlari dari tengah lapangan, meliuk melewati sejumlah bek lawan, dan menuntaskan aktraksinya dengan tembakan mendatar ke tiang jauh.

Fabregas, yang baru beredar di lapangan selama satu menit setelah menggantikan Hazard, turut memeriahkan pesta gol Chelsea pada menit ke-85.

Sang gelandang menggetarkan jala gawang Arsenal melalui tendangan jarak jauh dengan memanfaatkan kesalahan Cech.

Sebelum laga tuntas, tepatnya menit ke-90, Arsenal mendapatkan gol hiburan melalui tandukan Giroud.

Hingga terdengar bunyi panjang peluit, Chelsea berhasil membungkus kemenangan 3-1.

Hasil itu menjadi revans tersendiri buat Chelsea yang pada bulan September lalu dicukur Arsenal 3-0 ketika menyambangi markas The Gunners. Sejauh ini Chelsea baru kalah tiga kali. dua kekalahan lainnya dari Liverpool (1-2) dan Tottenham Hotspur (0-2).

"Fantastis. Dalam sepakbola Anda punya kesempatan untuk melakukan perbaikan. Saya masih ingat bagaimana kami harus bangkit usai kalah di markas Arsenal. Setelah laga itu saya merasa sedikit terpuruk," ujar bek Chelsea Gary Cahill kepada Sky Sports.

"Hasil itu sudah memberi lecutan tersendiri. Kami percaya diri di kandang sendiri dan kami tahu kemenangan akan penting sekali. Secara pribadi saya merasa bahwa setelah laga tandang (lawan Arsenal) itu, saya ingin memperbaiki keadaan. Maka hari ini saya merasa gembira.

"Kami terus mengasah formasi dan taktik ini. Manajer sangat menyeluruh dalam melakukan persiapan. Kami menciptakan banyak peluang. Bisa saja kami mencetak lebih banyak gol. Eden (Hazard) mencetak gol spesial. Itu membuat hasil sudah dalam genggaman. Kini kami berada di posisi bagus," ucapnya. (kps/dtc/sfa)

SUSUNAN PEMAIN:
Chelsea: 13-Thibaut Courtois, 24-Gary Cahill, 30-David Luiz, 28- Cesar Azpilicueta, 3-Marcos Alonso, 15-Victor Moses (5-Kurt Zouma 88'), 21-Nemanja Matic, 10-Eden Hazard (4-Cesc Fabregas 84'), 11-Pedro (22-Willian 84'), 7-N'Golo Kante, 19-Diego Costa.
Pelatih: Antonio Conte

Arsenal: 33-Petr Cech, 18-Nacho Monreal, 6-Laurent Koscielny, 20-Shkodran Mustafi, 24-Hector Bellerin (Gabriel Paulista 17'), 11-Mesut Oezil, 34-Francis Coquelin (12-Olivier Giroud 65'), 15-Alex Oxlade-Chamberlain, 14-Theo Walcott (23-Danny Welbeck 70'), 7-Alexis Sanchez, 17-Alex Iwobi.
Pelatih: Arsene Wenger

Wasit: Martin Atkinson