City Portal of Pekanbaru

Heboh 'chat mesum' Habib Rizieq-Firza Husein kerjaan polisi?

habib.jpg
(ist)

JAKARTA - Kuasa hukum Firza Husein angkat bicara mengenai video lanjutan mengenai dugaan chat mesum imam besar Front Pembela Islam (FPI) dengan kliennya. Rekayasa polisi?

Aziz Yanuar, kuasa hukum Firza Husein, angkat bicara menyusul beredarnya video berjudul 'ANONYMOUS: THE NEXT EPISODE OF FIRZA HUSEIN & HABIB RIZIEQ' di YouTube. Video tersebut diunggah akun bernama ANALOGIKA pada Kamis, 2 Februari 2017.

Itu merupakan lanjutan kehebohan postingan www.baladacintarizieq[dot]com yang pertama kali mengangkat chat mesum yang diduga Habib Rizieq dan Firza.

Nah, video berjudul 'ANONYMOUS: THE NEXT EPISODE OF FIRZA HUSEIN & HABIB RIZIEQ' di YouTube disebut video lanjutam, karena isinya mengesankan kecocokan foto lokasi-lokasi diduga Firza sedang bugil di kamar tidur dan kamar mandi rumahnya, dengan foto-foto yang beredar di video viral pada situs baladacintarizieq.

Aziz menduga si pembuat video adalah orang yang dengan leluasa masuk ke rumah kliennya dan sempat menguasai ponsel kliennya.

"Kalaupun misalnya ada foto ubin, seprai, TV yang sama, menurut Anda, fotonya itu ada orang datang ke rumahnya (Firza) atau Bu Firza yang mungkin ambil foto kamar mandinya, TV-nya, seprainya? Kalau begitu, yang ke rumahnya kemarin-kemarin itu, yang foto-foto siapa?" ujar Aziz, seperti dikutip dari detikcom, Minggu (5/2/2017).

Aziz kembali menegaskan foto-foto syur diduga kliennya itu tidaklah benar dan mungkin hasil rekayasa. Dia berandai, seseorang mengambil foto-foto pribadi Firza dan mengedit sedemikian rupa dari yang memakai pakaian lengkap menjadi terlihat bugil.

"Misalnya ternyata memang Bu Firza, misalnya punya foto rumahnya dia, TV-nya dia, atau punya foto dia lagi di kamarnya (dalam kondisi) ada TV, ada itu, tapi dengan baju yang lengkap ya, terus diambil fotonya itu untuk diedit, direkayasa, bisa nggak? Kemungkinan bisa," ucap Aziz.

Kecurigaan Aziz mengerucut pada pihak yang menguasai ponsel Firza Husein sejak tanggal 2 hingga 6 Desember 2016. Diketahui Firza Husein diamankan anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya pada 2 Desember 2016 atas dugaan makar.

Meski statusnya tersangka, Firza kala itu tidak ditahan penyidik dengan alasan kooperatif.

"Yang ngambil fotonya itu siapa? Yang megang HP-nya dari tanggal 2 (Desember) sampai tanggal 6 (Desember) siapa? Orang bertanya-tanya, siapa yang ambil handphone-nya dari tanggal 2 sampai tanggal 6? Karena viralnya setelah itu (Firza diamankan polisi), kan?" kata Aziz.

Cocokkan barang bukti

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan saat ini pihaknya tengah memeriksa dan mencocokkan barang bukti yang dikumpulkan dengan isi dari foto chat seks yang diduga dilakukan Rizieq Shihab dan tersangka kasus dugaan makar Firza Husein.

"Ada beberapa lagi ya barang bukti yang sudah kita periksa dari rumah Firza. Kita akan lihat kecocokan di tempat asli dengan foto itu apakah ada yang cocok di situ," tutur Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Argo menyebut, sejumlah foto yang beredar menunjukkan kondisi tempat dan barang di sekitarnya. Untuk itu, keseluruhan dari kediaman Firza Husein dan barang bukti yang diamankan terus diselidiki dan dicocokkan.

"Nanti penyidik yang menilai. Ada beberapa yang dibawa. Seprai dan bantal. Kemudian ada televisi terlihat di foto itu. Kemudian ada foto-foto tempat kamar mandi dan gambarnya yang ada di situ. Tentunya semua itu bagian dari penyidikan pihak kepolisian untuk membuktikan kasus itu," jelas dia.

Menurut dia, ada juga beberapa barang bukti dalam bentuk digital. Terkait website dan yang sejenisnya pun kini masih dalam proses pengembangan lebih lanjut.

"Tentunya penyidik sudah bekerja hingga saat ini. Mulai dari polisi kita menerima ada barang bukti di sana. Ya berupa konten maupun keping CD, ya di situ ada tertuang. Ada kabar juga ada tulisan yang perlu kita dalami," pungkas Argo. (dtc/lp6/sfa)