City Portal of Pekanbaru

Mkhitaryan brilian, MU pesta gol di markas Leicester City

menang-besar.jpg
(ist)

LEICESTER - Juara bertahan Premier League, Leicester City, semakin terpuruk setelah kalah 0-3 di kandang sendiri saat menjamu Manchester United, Minggu (5/2/2017). Kekalahan ini semakin mendekatkan klub berjuluk Si Rubah itu ke jurang degradasi.

Kekalahan telak tersebut sekaligus merupakan kekalahan ke-13 yang diderita Leicester di Premier League musim ini. Leicester kini menempati posisi ke-16 dengan koleksi 21 poin. Hanya berjarak satu poin dari Hull City di zona degradasi.

Sementara bagi Manchester United (MU), tambahan tiga poin itu tak mengubah posisi Setan Merah di urutan keenam papan klasemen sementara. Namun begitu, MU dengan koleksi 45 poin hanya berjarak satu poin dari Liverpool di peringkat lima dan dua poin dari Arsenal di peringkat empat.

Tapi peluang Setan Merah untuk juara bisa dikatakan sangat tipis. Pasalnya, jarak dengan pemuncak klasemen, Chelsea, sangat lebar yakni 14 poin.

Bermain di King Power Stadium, Minggu malam WIB, MU sempat kesulitan untuk menciptakan gol pada menit-menit awal laga. 

MU membuka peluang pertama pada menit ketiga. Tapi sepakan Marcus Rashford bisa dihentikan Morgan dengan cukup mudah.

Memasuki menit 23, MU mendapatkan peluang lagi lewat Rashford. Mendapatkan umpan dari Henrik Mkhitaryan, Rashford segera menembakkan ke arah gawang. Namun, upaya itu tak membuahkan hasil setelah bola melambung terlalu tinggi melewati gawang.

MU baru bisa mencetak gol pada menit-menit terakhir babak pertama.

Mkhitaryan berhasil menyudahi kebuntuan MU pada menit ke-42. Mendapatkan umpan dari tandukan Chris Smalling, Mkhitaryan yang berada di tengah lapangan menyambutnya dan melakukan solo run tanpa kawalan dari tengah lapangan. Sepakan kaki kanannya tak bisa diantisipasi Kasper Schmeichel.

Dua menit kemudian, MU menggandakan keunggulan. Gol diciptakan Zlatan Ibrahimovic dari umpan silang dari Antonio Valencia.

MU unggul 2-0 atas Si Rubah saat turun minum.

Babak dua baru berjalan dua menit, MU menambah koleksi gol. Duet Juan Mata dengan Mkhitaryan yang melakukan aksi umpan satu dua berakhir dengan tambahan gol untuk MU.

MU pun unggul 3-0 atas Leicester pada menit 47.

Leicester membuang peluang untuk memangkas ketinggalan lewat tendangan bebas pada menit 57. Kesempatan itu didapatkan tim besutan Claudio Ranieri tersebut setelah Paul Pogba melanggar Wilfried Ndidi. Namun sepakannya terlalu melebar.

Tak ada perubahan skor hingga wasit meniup peluit panjang. MU menang 3-0 atas Leicester.

Dalam laga itu, Setan Merah membuat ball possession hingga 66 persen dengan 10 tembakan dan tujuh yang on goal. Sedangkan tuan rumah Leicester membuat enam attempt dengan satu yang tepat sasaran. (dtc/sfa)

SUSUNAN PEMAIN

MU: De Gea; Valencia, Bailly, Smalling, Rojo (Daley Blind 46'); Herrera, Pogba; Mkhitaryan, Mata (Fellaini 76'), Rashford; Ibrahimovic.

Schmeichel; Simpson, Huth, Morgan, Fuchs; Mahrez, Drinkwater, Ndidi, Musa (Gray 46'); Vardy, Okazaki (Andy King 46'0.