City Portal of Pekanbaru

Said Aqil protes keras disebut hadiri istighasah bersama Ahok

said-aqil-siradj.jpg
(ist)

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj membantah dengan tegas menghadiri dalam kegiatan istighasah yang dihadiri calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di kediaman Djan Faridz pada Minggu (5/2/2017) malam.

Kabar kehadiran di acara itu tertera dalam berita running text Metro TV yang menyebutkan Said Aqil akan menghadiri acara tersebut. “Berita itu sama sekali tidak benar. Sama sekali tidak benar. Sama sekali tidak benar!” kata Said Aqil seperti dikutip NU Online, Minggu.

Said Aqil menegaskan, ia menyatakan tidak akan pernah menghadiri acara-acara yang diadakan calon gubernur DKI Jakarta, siapapun dan di manapun. “Saya tetap menjaga netralitas sikap PBNU. PBNU tidak berpihak kepada calon gubernur siapa pun dan mana pun,” kata dia.

Ketua PBNU Bidang Hukum Robikin Emhas menyatakan, organisasinya tidak terlibat dalam kegiatan istighasah yang dihadiri Ahok pada malam ini di kediaman Djan Faridz. "Yang pasti PBNU tidak tahu-menahu kegiatan tersebut. Karena itu mustahil Ketua Umum PBNU hadir dalam acara itu," kata dia.

Pada saat yang bersamaan, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini juga telah mengonfirmasi bahwa Said Aqil Siradj tidak melakukan pertemuan dengan Ahok. "Baru saja saya mendapat telepon dari Ketum PBNU. Beliau menyampaikan bahwa tidak benar adanya informasi yang menyebutkan bahwa malam ini terjadi pertemuan dengan Ahok," ucapnya.

Catut

Sementara itu, Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Mahfudz Asirun menyatakan, kegiatan istighasah itu mencatut logo NU tersebut tanpa sepengetahuan dan tidak ada sangkut pautnya dengan pengurus PWNU DKI.

"Itu bukan dari kami (PWNU). Kami tidak ada hubungannya dengan kegiatan itu," tuturnya.

Dia mengungkapkan PWNU DKI tersinggung dan tetap mengecam keras perlakuan Ahok dan pengacaranya terhadap Rais Am PBNU KH Ma’ruf Amin dalam persidangan Ahok pada Selasa pekan lalu. Mahfudz juga menyatakan PWNU DKI mendukung pernyataan tegas Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siraj yang mengeritik keras perlakuan Ahok dan kuasa hukumnya terhadap KH Ma’ruf Amin.

“Kita akan menindak tegas jika ada pengurus yang berperan aktif di acara Istigatsah bersama Ahok sesuai dengan ketentuan organisasi,” kata dia. (rpblk/okz/sfa)