City Portal of Pekanbaru


Sempat tertinggal, Kamerun sabet gelar ke-5 di Piala Afrika

kamerun.jpg
(ist)

LIBREVILLE - Kamerun merebut gelar kelima dengan menjuarai Piala Afrikan 2017 usai menundukkan Mesir 2-1 di partai final yang berlangsung di Stadion Libreville's Stade de l'Amitie, Libreville, Gabon, Senin (6/2/2017) WIB.

Ini adalah gelar kelima tim berjuluk "Singa Perkasa" itu di Piala Afrika setelah 1984, 1988, 2000, dan 2002.

Kemenangan ini juga menjadi rekor bagi pelatih Kamerun, Hugo Bross. Dia menjadi juru taktik asal Belgia pertama yang memenangi gelar juara di Benua Hitam.

Mesir sebenarnya tampil menekan pada babak pertama. Tim asuhan Hector Cuper mampu unggul lebih dahulu pada menit ke-22. Gol Mesir diciptakan oleh gelandang yang merumput bersama Arsenal, Mohamed Elneny.

Pada babak kedua, Kamerun tampil lebih ngotot untuk mencari gol. Mereka beberapa kali mengancam gawang Mesir hingga akhirnya Nicolas Nkoulou menciptakan gol penyeimbang pada menit ke-60.

Gol kemenangan Kamerun lahir dua menit sebelum laga berakhir. Pemain pengganti Vincent Aboubakar mengecoh bek Mesir, Ali Gabr, sebelum mencetak gol kemenangan bagi timnya.

Kemenangan Kamerun itu memupus harapan Mesir untuk meraih gelar kedelapannya di Piala Afrika. Mereka puasa gelarjuara sejak terakhir menjadi jawara di benua hitam itu pada 2002 lalu.

Bagi Hector Cuper, pelatih Mesir, kegagalan ini juga menebalkan "status" spesialis runner-up miliknya.

Secara statistik, Kamerun sedikit lebih unggul dari Mesir. Mereka berhasil menguasai bola 57 persen sementara Mesir hanya 43 persen. Kamerun juga melepaskan 15 tembakan dengan 3 diantaranya mengarah ke gawang, sementara Mesir hanya melepaskan 4 tembakan dan hanya 2 yang mengarah ke gawang.

Kemenangan ini juga memutus catatan buruk Kamerun dari Mesir yang tak pernah menang sejak 2002. (tmp/kps/sfa)