City Portal of Pekanbaru


Asyik isi galon, pemilik rumah tak sadar rumah dilalap api

kebakaran-rumah.jpg
(ist)

PEKANBARU - Tiga unit rumah hangus dilalap si jago merah dalam kebakaran yang terjadi di Jalan Dahlia RT2/RW4 Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Selasa (7/2/2017) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB. Api diduga berasal dari korsleting listrik.

"Tidak ada korban jiwa, api diduga berasal dari konsleting listrik. Kerugian belum bisa ditaksir. Dalam insiden ini sebanyak 10 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi," kata Kepala Polisi Sektor Sukajadi Kompol Hermawi.

Kebakaran tersebut diduga berasal dari konsleting listik di rumah milik Evi Junita (47). Ia bercerita bahwa sebelum kebakaran melanda rumahnya, awalnya ia dan karyawannya sedang bekerja mengisi air galon isi ulang di depan rumah.

Saat menjalankan aktivitasnya, tiba-tiba seorang perempuan karyawan rumah makan yang tak jauh dari situ mengatakan, adanya gumpulan asap mengudara di atas atap rumahnya. Evi dibantu tiga orang karyawan mencoba memasuki rumah, namun kondisi ruangan sudah dipenuhi asap hitam yang amat pekat.

Melihat itu, tiga orang karyawan langsung memecahkan kaca depan mobil Xenia BM 1810 TI yang terparkir di depan rumah untuk didorong keluar pagar. Api yang kian membesar dengan cepat merambat ke rumah kontrakan dan rumah yang berada di belakang rumah korban.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru Faisal Hendri mengatakan, rumah yang hangus terbakar ada tiga unit. Pihaknya kesulitan menangani kebakaran karena rumah yang memanjang kebelakang.

"Kalau terlihat dari jalan empat unit tapi sebenarnya tidak. Ini (rumah) memanjang ke belakang, kesulitan juga kita tadi akses masuk ke belakangnya agak susah," ungkap Faisal Hendri, seperti dikutip dari antarariau.

Sekitar pukul 13.00 WIB api baru berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran BPBD Kota Pekanbaru. (sfa)