City Portal of Pekanbaru

Resahkan masyarakat, polisi bikin jera pelaku aksi balap liar

balap-liar.jpg
(ist)

BENGKALIS - Aksi balap liar mulai meresahkan masyarakat Kota Bengkalis. Aparat kepolisian akan menindak tegas anak-anak muda pelaku balap liar tersebut untuk memberi efek jera.

"Kita akan menindak tegas bagi anak-anak muda yang hobi balapan liar ini, untuk memberikan efek jera, mereka yang masih melakukan aksi balap liar ini akan diproses sesuai hukum yang berlaku, motor akan dikandangkan, SIM pengendara akan dicabut," kata Kapolsek Bengkalis AKP Syafril Thalip di Bengkalis, Selasa (7/2/2017).

Dia mengatakan, kendaraan yang dikandangkan tersebut bisa diambil kembali, bila pemiliknya dapat menunjukan surat-surat lengkap. Selain itu orangtua akan dipanggil untuk membuat pernyataan yang intinya menyatakan bahwa hal serupa tidak diulangi sang anak lagi.

Menurut Syafril Thalip, aksi balap liar yang kerap dilakukan anak-anak muda di Kota Bengkalis pada tengah malam itu telah banyak membuat keresahan pengguna jalan dan warga sekitar.

"Kita akan terus melakukan pemantauan, terlebih lagi setiap malam Minggu," kata dia.

Dia melanjutkan beberapa waktu lalu, dirinya juga sempat menyembangi kumpulan muda mudi dengan sepeda motor tepatnya di Jalan Sudirman Kota Bengkalis.

"Kumpulan muda-mudi tersebut kita dekati dan kita berikan arahan dan nasehat bahwa aksi kebut kebutan yang dilakukan sudah sangat meresahkan warga pemakai jalan lainnya," ujarnya.

Kapolsek Bengkalis ini menjelaskan, selain meresahkan warga, aksi balap liar juga melanggar aturan hukum yang bisa mengkibatkan kecelakaan beresiko tinggi, baik pengendara aksi balap liar juga pemakai jalan lainnya.

"Untuk itu, ini menjadi perhatian serius kami, kami mengimbau, muda-mudi untuk tidak melakukan aksi balap liar yang beresiko tinggi ini," katanya mengingatkan. (ant/sfa)