City Portal of Pekanbaru

Masih terkait Ahok, polisi periksa Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir

bachtiar-nasir.jpg
(ist)

JAKARTA - Satu lagi pentolan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) dibidik oleh polisi, yakni Bachtiar Nasir, dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang terkait pelimpahan kekayaan sebuah yayasan.

Dalam surat panggilan nomor S.Pgl/368/II/2017/Dit.Tipideksus tertulis nama Bachtiar Nasir akan dipanggil sebagai saksi terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Ketua GNPF MUI itu dipanggil pada Rabu (8/2/2017), pukul 10.00 WIB untuk menemui penyidik Dirtipideksus di kantor Bareskrim Polri, Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya mengkonfirmasi hal tersebut. "Ya betul," kata Brigjen Agung dalam pesan singkat, Selasa (7/2/2017) malam.

Kendati demikian, ia tidak merinci nama yayasan dalam kasus tersebut.

Dihubungi terpisah, pengacara Bachtiar, Kapitra Ampera membenarkan adanya panggilan tersebut.

"Hadir, jam 09.30 WIB," kata Kapitra.

Kapitra mengaku tidak tahu kasus dugaan pencucian uang tersebut.

Sepengetahuan dia, kasus ini masih ada kaitannya dengan aksi damai 212 pada 2 Desember 2016 lalu.

"Soal dana aksi 212," kata Kapitra.

Saat ditanya mengenai kaitan suatu yayasan dengan pendanaan aksi 212, Kapitra enggan menjelaskan lebih jauh.

"Nanti kita lihat dulu," kata dia.

Bachtiar Nasir pernah menjadi penanggung jawab aksi damai pada 4 November 2016 lalu (dikenal dengan aksi 411) dan bergabung juga dalam aksi damai 2 Desember 2016 (dikenal dengan aksi 212).

Kedua aksi itu punya tuntutan yang sama, yakni mendesak proses hukum terhadap Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama.

Bachtiar Nasir sebelumnya pernah diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan makar, di mana para tersangkanya ditangkap pada 2 Desember 2016, sebelum aksi 212.

Kasus itu ditangani Polda Metro Jaya dan telah memeriksa pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab dan juru bicara FPI Munarman sebagai saksi.

Untuk menghadapi pemeriksaan hari ini, Bachtiar Nasir akan didampingi 20 pengacara. "Ada 20 orang pengacara dampingi Ustaz Bachtiar Nasir," kata Kapitra. (kps/dtc/ant/sfc)