City Portal of Pekanbaru


Lawan super defensif, Juve menang berkat Mandzukic-Higuain

gonzalo-higuaian.jpg
(ist)

CROTONE - Sempat dibuat frustrasi oleh tuan rumah Crotone yang bermain super defensif, Juventus dengan susah payah mampu menang 2-0 untuk mengokohkan posisinya di puncak klasemen Serie A Italia.

Juventus baru bisa membongkar pertahanan tim promosi itu setelah Mario Mandzukic mencetak gol pada menit ke-61.

"Crotone sering kalah karena kebobolan pada menit-menit akhir, yang menunjukkan bahwa mereka tahu bagaimana caranya meredam lawan. Mereka menyisakan sangat sedikit ruang di barisan pertahanan," ujar pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, usai pertandingan, Kamis (9/2/2017) dini hari WIB.

"Kami sudah tahu akan hal itu dan saya pikir kami tampil baik. Kami bisa saja bermain lebih baik pada babak pertama, terutama dengan kecepatan operan-operan kami. Tapi, secara umum, kami tampil terorganisir dan memberikan sangat sedikit peluang kepada lawan," tambah pelatih Juve itu.

Kemenangan atas Crotone memantapkan posisi Juve di puncak klasemen Serie A dengan perolehan 57 poin dari 23 laga. Mereka unggul tujuh poin atas AS Roma yang menjadi pesaing terdekat dan sembilan poin atas Napoli yang berada di posisi ketiga.

"Roma dan Napoli sedang bermain bagus. Tapi, kami cuma harus berkonsentrasi ke apa yang perlu kami lakukan. Malam ini, misalnya, kami tidak kemasukan dan tentunya itu hal positif," kata Allegri.

Dominasi permainan

Kemenangan Juventus atas Crotone berkat kontribusi tenaga campuran pemain inti dan pelapis. Bomber utama seperti Gonzalo Higuain tampil dengan disokong oleh Marko Pjaca, yang mencicipi starter untuk kali pertama dalam seragam Bianconeri.

Begitu pun dengan rekrutan musim dingin, Tomas Rincon, yang mengawal lini tengah bareng Sami Khedira.

Meski amat diunggulkan, Juventus kesulitan menembus pertahanan berlapis Crotone sejak lini tengah.

Bayangkan, sang juara bertahan sampai mencatat penguasaan bola 80 persen sepanjang babak pertama. Mereka melepas sembilan percobaan, tetapi tak satu pun menelurkan gol.

Peluang penting Juventus diawali oleh tembakan Higuain yang meleset (19') sampai sapuan vital bek Crotone, Giammarco Ferrari, di atas garis gawang terhadap sepakan lob Paulo Dybala (45').

Memasuki babak kedua, awak Juventus semakin intensif menggempur Crotone. Mengacu pada agresivitas itu, gol seakan tinggal menunggu waktu.

Hasilnya, mereka memecah kebuntuan melalui sambaran Mandzukic terhadap bola muntah yang diblok kiper Alex Cordaz.

Sebelumnya, Cordaz memblok upaya sundulan Kwadwo Asamoah, yang meneruskan umpan silang Dani Alves dari sisi kanan.

Tak lama, Bianconeri mencetak gol kedua lewat sepakan jarak dekat Higuain setelah menerobos barisan bek dan mengecoh kiper lawan. Skor 2-0 pun bertahan sampai laga kelar. (ant/sfa)

SUSUNAN PEMAIN:

Crotone (4-2-3-1): 1-Alex Cordaz; 22-Aleandro Rosi, 17-Federico Ceccherini, 13-Giammarco Ferrari, 15-Djamel Mesbah; 28-Leo Capezzi, 18-Andrea Barberis; 31-Mario Sampirisi (27-Maxwell Acosty 70'), 24-Aleks Tonev (29-Marcello Trotta 78'), 12-Adrian Stoian; 11-Diego Falcinelli (42-Cazim Suljic 84').

Pelatih: Davide Nicola

Juventus (4-2-3-1): 1-Gigi Buffon; 23-Dani Alves (15-Andrea Barzagli 78'), 24-Daniele Rugani, 19-Leo Bonucci, 22-Kwadwo Asamoah; 6-Sami Khedira (5-Miralem Pjanic 70'), 28-Tomas Rincon; 20-Marko Pjaca (27-Stefano Sturaro 89'), 21-Paulo Dybala, 17-Mario Mandzukic; 9-Gonzalo Higuain.

Pelatih: Max Allegri

Wasit: Paolo Valeri