City Portal of Pekanbaru


Innalillahi... mantan Wagub Sumbar Muslim Kasim wafat di Jakarta

muslim-kasim.jpg
(ist)

JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015, Muslim Kasim, meninggal dunia pada Sabtu (11/2/2017) pukul 21.45 WIB, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Mantan Bupati Padangpariaman dua periode tersebut mengembuskan napas terakhir, setelah mengalami kritis dan koma selama 15 hari di RS tersebut. Muslim meninggal pada usia 75 tahun.

"Ya benar, bapak sudah meninggal dunia di Jakarta," kata keponakan Muslim Kasim, Ilham Fauzi (25), saat dihubungi dari Padangpariaman, Sabtu malam.

Ia mengatakan keluarga almarhum Muslim Kasim di Padangpariaman berencana akan bertolak ke Jakarta, namun masih menunggu konfirmasi dari pihak keluarga di Jakarta terlebih dahulu.

Namun, katanya lagi, keluarga juga berencana membawa jenazah almarhum Muslim Kasim ke Padangpariaman untuk disemayamkan dan dimakamkan.

"Belum pasti, kemungkinan besar besok pagi. Kami tunggu dulu informasi dari Jakarta," ujarnya pula.

Muslim Kasim lahir di Pakandangan, Enam Lingkung, Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 28 Mei 1942.

Ia merintis karier sebagai birokrat sejak 1976 dan pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 15 Agustus 2010 sampai 15 Agustus 2015.

Muslim adalah Wakil Gubernur Sumatera Barat tertua saat menjabat. Sebelumnya, ia banyak mengabdikan dirinya pada lembaga negara Bulog dan pernah menjadi Bupati Padangpariaman dua periode pada 2000-2010.

Pada tahun 2010, Muslim memenangkan pemilihan kepala daerah sebagai Wakil Gubernur, dengan pasangannya Irwan Prayitno sebagai Gubernur Sumatera Barat.

Kemudian pada Pilkada Gubernur 2015 Muslim memutuskan maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Fauzi Bahar yang mendaftar ke KPU setempat pada 28 Juli 2015.

Ia berpasangan dengan Fauzi Bahar yang juga memiliki kesamaan yaitu sama-sama menjabat sebagai kepala daerah selama dua periode. (ant/sfa)