City Portal of Pekanbaru


Ubah imej, Angkasa Pura jadikan Bandara SSK II seperti mall

bandara-ssk-II.jpg
(ist)

PEKANBARU - PT Angkasa Pura II berusaha mengubah imej Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru tidak hanya sekadar tempat keberangkatan dan kedatangan saja, tapi juga untuk kegiatan apa saja seperti halnya mall atau pusat perbelanjaan.

"AP II ingin mengubah citra bandara dengan pola seperti mall. Jadi ke bandara bisa untuk kegiatan apa saja, tidak hanya keberangkatan dan kedatangan," kata kata Finance Administration and Commercial Manager PT AP II Pekanbaru, Ramedawati, di Pekanbaru, Minggu (12/2/2017).

Upaya yang dilakukan, kata dia, selain telah ada gerai-gerai belanja, pihaknya juga akan bekerjasama mendatangkan berbagai produk lainnya. Di antaranya untuk membuat arena permainan Trans Studio Mini dan menjajaki kerjasama dengan pelaku usaha perkulakan Matahari.

Menurutnya hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan bandara yang tidak hanya dari aeronautika atau udara saja, tapi juga non aeronautika yang dari darat. Ini, katanya, merupakan ide dan rencana General manager PT Angkasa Pura II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait.

"Jadi masyarakat bisa belanja, foto-foto dan nongkrong di bandara," tambah Ramedawati yang akrab disapa Buk Mai ini.

Selain itu, pihaknya juga menghadirkan layanan tambahan seperti penampilan musik tiga kali seminggu. Kemudian juga ada berbagai iven dan expo yang dilaksanakan hingga berbulan-bulan ke depan.

Saat ini ada lomba menggambarvdan mewarnai 12 Februari hingga 24 Maret diselingi dengan musik jazz dan atraksi anak-anak pemain drum didikan sekolah Gilang Ramadhan. Acara lainnya akan dilaksanakan dalam rangkaian "SSK II Fair".

Selengkapnya rangkaian kegiatan itu adalah Mini Properti Expo, 23-29 Maret, yang di dalamnya ada lomba pantun se-Provinsi Riau, final lomba menggambar dan mewarnai, dan penampilan musik. Lalu Mini Bank Expo 7-13 April ada lomba peragaan busana anak-anak, tukar mata uang baru, dan penampilan musik.

Kemudian Kartini Mini Gadget Expo pada 21-27 April dengan kegiatan kompetisi tari sekolah dan pertunjukan musik. Selanjutnya Mini Travel and Education Fair, 2-12 Mei acaranya Stand up Conedy, lomba menggambar dan mewarnai, serta penampilan musik.

Ada juga Mini Ramadhan Fair pada 2-23 Juni yang menampilkan lomba Marawis dan musik. Pada 19-25 Agustus dengan tema Back to School akan ada kompetisi logo, seni mural, dan penampilan musik.

Memperingati hari kemerdekaan 12-18 Agustus, di bandara akan ada Mini Automotive Expo. Kegiatannya kontes otomotif, festival band sekolah, lomba menggambar dan mewarnai. Terakhir ada lagi Mini Gadget Expo 19-25 Agustus dengan acara stand up comedy, kompetisi grafiti, dan penampilan musik DJ. (ant/sfa)