City Portal of Pekanbaru


Polisi bersenjata kawal logistik Pilkada Kampar hingga kantor kecamatan

coblos.jpg
(ist)

PEKANBARU - Aparat Kepolisian Resor Kampar melakukan pengawalan distribusi dan serah terima logistik pemilihan kepala daerah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar ke Panitia Pemilu Kecamatan (PPK).

"Dilakukan pengawalan dan pengamanan oleh anggota Polisi Resor Kampar sebanyak empat orang dengan menggunakan mobil dinas patroli lantas jenis Terano Kantor Camat Rumbio Jaya," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Minggu (12/2/2017).

Kepolisian melakukan pengawalan terhadap logistik yang menggunakan truk Colt Diesel yang juga diawasi oleh pegawai PT Pos Indonesia. Adapun logistik itu adalah kotak suara 27 buah, bilik suara 54 buah, surat suara 11.601 lembar (Daftar Pemilih Tetap plus 2,5 persen), dan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara 27 bungkus.

"Selanjutnya Logistik Pilkada Kampar 2017 untuk PPK Rumbio Jaya disimpan di ruang rapat kantor camat. Pengamanan untuk itu dari personil Polisi Sektor Kampar sebanyak lima orang yang dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Hendri Suparto," lanjut Guntur.

Di kecamatan lainnya, di Tapung juga dilakukan proses serupa. Bedanya di Tapung dalam pendistribusian logistik menggunakan dua unit truk Colt Diesel Canter. Keduanya mendapatkan pengawalan dan pengamanan oleh anggota Polres Kampar sebanyak empat orang.

Selain itu juga ada Bantuan Kendali Operasi Brimob Polda Riau sebanyak dua orang. Pengawalan dipimpin oleh Bripka Febri dengan menggunakan Mobil Dinas Patwal Sat Lantas Polres Kampar. Penyerahan dihadiri Perwakilan KPU dan Panitia Pengawas Pemilu Kampar, serta Kapolsek Tapung Kompol Darmawan.

Adapun logistik yang diserahterimakan di antaranya kotak suara 146 buah, bilik suara 292 buah, surat suara 58.781 lembar (DPT + 2,5 %), dan alat kelengkapan TPS 146 bungkus.

Selanjutnya Logistik Pilkada Kampar 2017 untuk Kecamatan Tapung disimpan di ruangan Kantor Sekertariat PPK.

Kemudian dilakukan pengamanan dari personil Polsek Tapung sebanyak dua orang bersama-sama dengan Staf PPK. "Seluruh rangkaian kegiatan pendistribusian berakhir dalam situasi dan keadaan aman terkendali," demikian Guntur. (ant/sfa)