City Portal of Pekanbaru


Bupati Syamsuar sebut sembilan kecamatan rawan Karhutla

kebakaran-hutan-dan-lahan.jpg
(ist)

SIAK - Bupati Siak Syamsuar menyebutkan bahwa sembilan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak merupakan daerah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) karena berada pada zonasi gambut.

"Sembilan dari 14 kecamatan di Kabupaten Siak yang tersebar di 67 kampung dipetakan sebagai kawasan rawan karlahut karena berada pada zonasi gambut, terbukti dari total wilayah yang ada 35 persen diantaranya adalah gambut," kata Bupati Siak Syamsuar dalam wejangannya saat menjadi pembicara dalam seminar nasional Mitigasi dan Strategi Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Indonesia di Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru, Jumat (24/2/2017).

Sebanyak 67 kampung rawan Karlahut yang tersebar di sembilan kecamatan itu di antaranya Kecamatan Siak, Mempura, Pusako, Bunga Raya, Sabak Auh, Kandis, Dayun, Sungai Apit, dan Tualang.

Dia mengatakan, menyadari hal itu pihaknya terus berupaya menekan kasus Karlahut setiap tahunnya dengan beberapa program dan kebijakan melalui peran aktif dari masyarakat itu sendiri.

Beberapa tahun ini pihaknya melakukan penguatan komunitas, menjaga aspek sosial, serta moratorium izin pembukaan perkebunan kelapa sawit di lahan gambut dan pertambangan. Memberlakukan sistem verifikasi legalitas kayu, penegakan hukum serta penanganan terpadu Karlahut.

"Kami juga merekonstruksikan sistem nilai guna mendukung kebijakan perubahan iklim pada aspek kultur dan budaya. Membuat embung dan sekat kanal untuk ketersedian air sewaktu-waktu untuk memadamkan Karlahut. Menyediakan satu unit pompa di setiap kampung dan menganggarkan Rp2 juta/kampung untuk operasional masyarakat memadamkan api," sebutnya.

Pemerintah kabupaten Siak sendiri, kata dia menambahkan, sudah membuat 254 sekat kanal dan 184 embung di kawasan Karlahut tersebut untuk menjaga kelembabapan lahan gambut.

Sementara itu, Satgas Siaga Darurat Karhutla menyebut wilayah pesisir Riau tersebut rawan terbakar. Selain Kabupaten Rokan Hilir, Siak juga dikategorikan sebagai pesisir Riau, bersama dengan Bengkalis, Meranti, dan Kota Dumai.

Kebakaran di Rokan Hilir dan Siak merupakan contoh bahwa wilayah pesisir Riau perlu perhatian khusus untuk terus diantispasi Satgas Penanggulangan Karhutla. (ant/sfa)