City Portal of Pekanbaru


Intip Tiga Lokasi Favorit Warga Menikmati Minggu Pagi

car-free-day.jpg
(ist)

SATU dari ciri kota layak huni adalah tersedianya ruang publik yang bisa dinikmati semua warga untuk beraktifitas bersama. Salah satunya yang kini semakin diminati warga adalah berolahraga dan bersosialisasi di kawasan car free day (hari bebas berkendara).

Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau bahkan memiliki tiga lokasi car free day, yang selalu ramai setiap Minggu pagi, dari pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB.

Mulanya hanya satu kawasan car free day di Pekanbaru, yakni Jl Diponegoro. Pertama kali kegiatan car free day di pusat kota ini gelar pada Minggu, 5 Desember 2009, yang dicanangkan langsung oleh Gubernur Riau ketika itu, Rusli Zainal.

Pada 2015, bertambah dua lagi, masing-masing di kawasan Stadion Utama Riau dan Jl Yos Sudarso, Rumbai, sebagai respon atas permintaan warga.

Berikut tiga lokasi car free day di Pekanbaru: 

1. Jalan Diponegoro

Kawasan yang menjadi lokasi car free day pertama di Kota Pekanbaru ini paling disuka warga di hari Minggu. Biasanya, Jalan Gajah Mada yang ada dekat Jl Diponegoro, juga digunakan untuk car free day.

Kedua jalan itu berada di pusat Kota Pekanbaru, tepat di depan kediaman rumah dinas Gubernur Riau. Berseberangan dengan taman kota dan hutan kota.

Karena posisinya yang strategis itu, sering pula acara-cara pemerintah kota dan provinsi digelar di sini. 
Seperti baru-baru ini, Minggu (11/12), saat perhelatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016, digelar senam sehat untuk siswa taman kanak-kanak. Sehingga car free day pagi itu penuh sesak. 

2. Jalan Yos Sudarso, Rumbai

Tempat ini diresmikan sebagai lokasi car free day sejak Minggu, 1 Maret 2015. Kawasan yang bisa dijadikan warga Rumbai dan sekitarnya untuk berolahraga dan bersosialisasi di Minggu pagi berada di depan Stadion Kaharuddin Nasution.

Yang menarik, kawasan ini jadikan tempat car free day atas permintaan masyarakat Rumbai sendiri. 

3. Kawasan Stadion Utama Riau

Stadion megah yang dibangun untuk acara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 itu berada di kawasan kampus Universitas Riau, Jl Naga Sakti, Panam. Sejak diresmikan, tempat ini seketika menjadi favorit warga untuk datang berkunjung. Meski sekadar untuk cuci mata.

Bukan hanya karena kemegahan stadion, kawasan ini lapang dan berada dekat hutan kampus. Jalan Naga Sakti yang berada di depannya juga sangat lebar. Di jalan inilah car free day digelar.

Car free day pertama kali digelar di sini pada Minggu, 3 Mei 2015, yang diresmikan oleh wali kota ketika itu, Firdaus MT. (sfa)