City Portal of Pekanbaru

Ragam kekayaan alam menghampar di negeri Lancang Kuning

Tugu-selais-pekanbaru.jpg

Sejak lama, Riau sebagai jantung Sumatera tak pernah henti mengundang lirikan mata. Tanah ini dikenang dan terngiang sebagai ranah yang kaya akan sumber daya alamnya. Bahkan, untuk urusan itu, Riau menjadi episentrum bagi nusa dan bangsa. Kekayaan minyak dan gas serta potensi mineral lainnya, telah menjadi anugerah yang tak terhingga.

Kekayaan alam ini makin lengkap, tatkala tanah yang subur juga menghampar di negeri Lancang Kuning. Hamparan bumi yang memberikan keuntungan bagi masyarakat karena potensi perkebunan di atasnya. Karet, sawit, kelapa dan beragam produk tanaman lainnya.

Itu pun telah menjadi menjadi detak pertumbuhan ekonomi nasional. Di balik kekayaan alam yang berlimpah itu, tak banyak yang mengetahui bila daerah ini juga kaya akan potensi pariwisata. Padahal, beberapa di antaranya, sukses mengundang lirikan mata masyarakat Internasional.

Seperti ombak Bono di Kabupaten Pelalawan dan Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir. Saban tahun, peselancar dari beberapa penjuru dunia, uji nyali meliuk-liuk di atas gulungan ombak Bono. Begitu pula dengan Bakar Tongkang, ribuan turis luar negeri tak henti hadir menyaksikan kegiatan kebudayaan di Bagansiapiapi itu.

Tidak berhenti di sana, Riau juga memiliki potensi wisata bahari. Pantai Pulau Rupat dengan kilauan pasir putih yang menghampar, bahkan menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dari negara tetangga. Bagi pecinta wisata sejarah, bisa bertandang ke Istana Siak di Kabupaten Siak dan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar.

Belum lagi, air terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu serta Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing. Seluruh potensi itu makin lengkap tatkala singgah ke Kota Pekanbaru. Ikon metropolis yang siap menjadi medium bagi pecinta belanja. Kekayaan wisata itu makin lengkap, tatkala balutan tata budaya masyarakat Melayu nan santun menjadi pembuka pintu saat Anda berkunjung ke Riau.(*)