City Portal of Pekanbaru


Masyarakat Meranti gelar pesta rakyat saat panen tiba

Pacu-tual-sagu.jpg
(ist)

Kepulauan Meranti merupakan daerah kepulauan yang didominasi oleh tiga pulau, yaitu pulau Merbau, Rangsang dan Tebing Tinggi. Nama "Meranti" Sendiri diambil dari singkatan masing-masing pulau tersebut.

Sebagian masyarakat Kepulauan secara turun temurun menanam sagu. Tak heran jika penghasilan terbesar masyarakatnya dari berkebun sagu. Tradisi ini sekaligus memposisikan daerah ini sejak dulu sebagai penghasil sagu terbesar di Indonesia.

Maka tak heran bila masyarakat Riau lebih mengenal daerah ini sebagai wilayah sagu, bahkan ibu kota kabupaten Selatpanjang disebut dengan Kota Sagu Masa tanam kebun sagu biasanya berumur 8 sampai 10 tahun, ketika ketinggian batang sagu sudah dianggap cukup dan besar batang sagu sudah cukup untuk dipanen atau ditebang.

Ketika satu batang sagu ditebang anak sagu akan menyusul induknya dan hanya berjarak satu tahun untuk dipanen. Setelah dipanen, selanjutnya tual sagu yang sudah dipotong dikeluarkan dari kebun dengan cara digolek sampai ke sungai. Di sungai tual sagu dirakit selanjutnya dari sungai ditarik ke sungai dengan menggunakan kapal.

Kini masyarakat Meranti kreatif dengan memanfaatkan Tual Sagu, mereka membuat pesta rakyat dengan tajuk Bokor Fiesta di Desa Bokor. Masyarakat Bokor membuat event Wisata Lomba Lari Tual Sagu dan berlari meniti batang sagu serta mendorong batang sagu (golek tual sagu).

Lomba lari Tual Sagu ini diadakan di Sungai Bokor dengan jumlah peserta yang tidak terbatas dan lomba ini hanya bersifat eksibisi dan sebagai sarana promosi wisata. Selain itu di Festival Bokor juga diadakan pegelaran musik,tari dan teater, pembacaan puisi, pesta buah, kuliner dan kerajinan.

Apalagi daya tarik Kepulaun Meranti? Ini dia:

1. Pantai Motong

Motong atau Tanjung Motong berada di ujung barat pulau rangsang tepatnya di Desa Permai . Pantai motong sangat indah, dari pantai ini anda bisa melihat laut Selat malaka yang luas dan tenang, ada juga bebatuan yang sengaja di taruh dipinggir pantai sebagai pemecah ombak, bebatuan inilah yang kemudian menambah daya tarik dan keeksotisan pantai.


2. Cicipi Mie Sagu

Selain menikmati indahnya laut, di Pantai Motong anda juga bisa menikmati beberapa kuliner khas Meranti termasuk "Mie Sagu".


3. Desa Wisata Bokor

Bokor merupakan desa wisata yang pada saat musim buah ramai warna-warni buah yang sangat lezat bergelantungan pada setiap pohon. Buah-buahan tersebut adalah buah rambutan, buah cempedak, buah mangga, manggis dan durian, di beberapa tempat juga terdapat perkebunan sunkis, buah naga dan buah hutan.