City Portal of Pekanbaru

Menhub pun tak bisa 'larang' Om Telolet Om, beri penjelasan berikut ini

budi-sumadi.jpg
(ist)

EUFORIA "Om Telolet Om" yang kini bikin heboh dimana-mana sampai 'memaksa' Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi harus mengklarifikasi pernyataannya kemarin, mengimbau sopir-sopir bus tidak membunyikan klakson "telolet" di jalan-jalan.

Bunyi klakson telolet dari bis-bis antar kota terlanjur menjadi topik hangat di media sosial dunia. Banyak yang gemar pada telolet itu, yang diekspresikan dengan kertas-kertas bertuliskan "Om Telolet Om" oleh orang-orang di pinggir jalan jalur bis-bis itu.

Tidak kurang Cristiano Ronaldo di akun facebook resmi Real Madrid menyapa: Hello Indonesia! Om Telolet Om. Juga beredar berbagai meme dan video tentang "Om Telolet Om" dalam berbagai versi dari mana-mana saja di dunia.

Hari ini, di Jakarta, Sumadi menyatakan, tidak melarang aktivitas itu karena menurut dia hal ini kreativitas masyarakat yang luar biasa.

"Saya bukan melarang, saya pribadi juga senang musik dan juga senang nada klakson telolet. Yang saya imbau itu jangan di jalan raya karena itu bahaya. Tapi kalau di tempat lain boleh. Misalnya di terminal bus, jadi tempatnya harus benar, kalo (bus) pada saat diparkir itu bagus sekali," kata dia.

Dia mengatakan bahwa fenomena "Om Telolet Om" bisa menjadi daya tarik masyarakat menyenangi kembali bus angkutan umum. Bisa juga dikonteskan kontes. (ant/sfa)