City Portal of Pekanbaru


Pecahkan rekor bersepeda di usia 105 tahun, ini rahasia kakek Marchand

robert.jpg
(ist)

LUAR BIASA kakek asal Prancis yang satu ini. Di usia 105 tahun, kakek bernama Robert Marchand itu mencetak rekor baru bersepeda di usia senjanya. Ini dia rekornya: sukses melahap jarak 22,547 kilometer dalam waktu satu jam.

Marchand yang menyapa para pendukungnya di velodrome Saint-Quentin-en-Yvlines, bagian barat Paris, mengatakan dia sebenarnya bisa lebih cepat lagi.

"Saya tak melihat tanda kalau 10 menit lagi dimulai, kalau melihat saya bisa mempercepat kayuhan," ujar dia kepada awak media, seperti dikutip dari antaranews. Kamis (5/1/2017).

Ketika sampai di garis finis, Marchand turun dari sepeda dan sama sekali tak mengalami kesulitan saat berjalan.

"Saya tak merasa lelah. Kaki saya tak sakit, tetapi lengan saya yang agak nyeri. Saya merasa emosional dan bahkan bertanya pada diri saya kalau ini nyata," kata pria yang lahir di tahun 1911, tiga tahun sebelum Perang Dunia I dimulai.

Sekalipun usia mempengaruhi kecepatannya mengayuh pedal sepeda-- tiga tahun lalu dia mampu menempuh 26,927 km dalam satu jam-- namun Marchand tetap mencetak rekor baru untuk seseorang berusia di atas 100 tahun.

Selain Marchand, tak ada lagi seseorang berusia di atas 100 tahun yang pernah mencapai rekor ini. Bila dibandingkan, rekor bersepeda satu jam adalah 54,526 km, itupun diraih pemegang medali emas Olimpiade, Bradley Winggins.

Rahasia sehat

Marchand merupakan pensiunan pemadam kebakaran dan pernah menjadi juara senam dan tinju nasional. Profesinya itulah yang berkontribusi membantu menjaga kesehatan tubuhnya-- ditambah banyak melakukan olahraga.

"Saya rajin berolahraga, mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, tak terlalu banyak minum kopi," kata dia.

"Saya bersepeda 10-20 km per hari, tetapi tidak di luar ruangan, karena takut terkena flu," imbuh Marchand seperti dilansir Channel News Asia. (sfa)