City Portal of Pekanbaru

Bule asal New Zealand mahir bermain alat musik Minang "Rabab"

Migen-bule-asal-suku-Miori-New-Zaeland-alat-musik-rabab-asal-minang.jpg

VIRAL - Migen, bule asal suku Miori New Zealand menampilkan keahlianya dalam memainkan alat musik gesek Minang "Rabab". Kemampuanya menggesek alat musik rabab dilantunkan saat acara penampilan kesenian tradisional Minang di Nagari Canduang Koto Laweh, kecamatan Canduang, Rabu (8/2) malam dalam rangka silaturrahmi masyarakat Canduang dengan rombongan suku Miori.

Video ini pertama kali dibagikan oleh pemilik akun Facebook Maswir Chaniago. Sampai berita ini dimuat, video ini sudah lebih dari 40 ribu tayangan dan lebih dari 2.400 kali dibagikan.

GESEK RABAB

GESEK RABAB

Dikirim oleh Maswir Chaniago pada 8 Februari 2017

 

Baca juga : Berbagai Satwa Langka Bisa Ditemukan Di Hutan Imbo Putui

Dalam keteranganya, Maswir Chaniago mengatakan Migen datang bersama rombongan ke kabupaten Agam dalam rangka Program Pengurangan Resiko Bencana dan pertukaran budaya antara Agam dengan New Zealand.

"Dari wawancara saya dengan Migen malam itu, bahwa ia menyelesaikan gelar Doktor dengan melakukan penelitian terhadap musik rabab. Ia melakukan penelitian di ISI Padang Panjang, dan karena keinginannya yang begitu kuat mengadakan penelitian terhadap rabab, ia pun langsung mempelajari teknik memainkan alat musik gesek tradisional Minang itu yang akhirnya berbuah manis", tulis Maswir dalam akun Facebooknya.

Baca juga : Motor Roda Tiga Hadir Di Pekanbaru Harga RP.11 Jutaan, Ini Alamat Dealernya

Migen mampu memainkan rabab sebagaimana seorang tukang rabab profesional. Bahkan karena cukup lama melakukan penelitian di ISI Padang Panjang, Migen pun akhirnya fasih berbahasa Minang.

Acara tersebut diawali dengan makan bajamba, pegelaran kesenian tradisonal Minang berupa saluang dilanjutkan dengan tukar cendera mata antara suku Miori dengan pemerintah kabupatn Agam, pemerintah kecamatan Canduang dan tuan rumah yang menampung rombongan bermalam di sana.